Mitos Gua di Spanyol yang Jadi Tempat Ritual Penyihir

IDi Spanyol, ada sebuah gua yang menarik perhatian traveler. Gua ini memang tidak dipenuhi batuan unik, tapi diyakini pernah dipakai untuk tempat ritual penyihir.

Gua Zugarramurdi bisa dilihat di Zugarramurdi, Navarra, Spanyol. Gua tersebut letaknya dekat dengan perbatasan Spanyol dan Prancis. Walaupun tidak memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah, Gua Zugarramurdi tetap menjadi incaran para turis karena berkaitan dengan legenda penyihir di masa lalu.

Ditengok detikTravel dari situs pariwisata Navarra, Kamis (15/10/2015), Desa Zugarramurdi dulunya dikenal sebagai desa para penyihir. Sekitar 400 meter dari desa itu, ada sebuah gua yang seperti diselimuti aura ilmu hitam. Konon hingga abad ke-17, gua tersebut merupakan tempat para penyihir berkumpul untuk melakukan berbagai ritual.

Di dalam gua, ada yang melakukan ritual pagan. Saat itu, wanita dan pria akan menari di sekeliling api unggun sambil ditemani sinar bulan. Bahkan disertai jamuan yang dipimpin oleh setan.

Beberapa bagian gua ini pun punya nama yang menonjolkan hubungannya dengan dunia sihir. Bagian terowongan yang luas disebut juga sebagai Sorgin Leze atau Gua Penyihir. Kemudian bagian gua yang paling sempit diberi nama Akelarre Leze atau gua kelompok penyihir wanita.

Terlepas dari kisah ritual dan keberadaan penyihir yang simpang siur, gua dan wilayah Zugarramurdi menarik perhatian pemburu penyihir di Spanyol. Mereka pun melakukan investigasi di gua dan sekitarnya.

Para pemburu penyihir itu menemukan orang-orang yang diduga mempraktikkan ilmu hitam. Banyak orang diduga penyihir yang dijatuhi hukuman mati dengan dibakar hidup-hidup. Beberapa warga yang telah lebih dahulu meninggal pun ikut dibakar pula.

ni Gua Zugarramurdi terbuka untuk umum dan boleh dikunjungi turis. Gua pun buka setiap hari dari pukul 09.00 pagi hingga malam hari. Setiap bulan Agustus, akan diadakan tradisi zikiro jate, di mana 800 orang akan hadir untuk menikmati sajian domba bakar.

Selain berkunjung ke gua, traveler juga bisa melihat berbagai koleksi yang berkaitan dengan dunia sihir.


Labels:

Post a Comment

[blogger][facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget