Mata terus terbuka, bagaimana ikan bisa tidur?

Untuk bisa tidur, manusia harus menutup matanya, demikian juga dengan hewan-hewan lain. Namun, apakah Anda pernah melihat ikan menutup mata? Tidak bukan? Lalu, apakah mereka tidak tidur?

Ikan juga tidur seperti manusia

Meski mata mereka terus terbuka, ikan sejatinya tidur seperti manusia. Bahkan, tidak hanya malam hari, ikan bisa tidur di siang hari.

Jika Anda memiliki akuarium, coba Anda pandangi agak lama ikan-ikan yang ada di dalamnya. Pasti ada saat-saat tertentu mereka akan berdiam melayang di satu tempat. Nah, di saat itulah ikan tidur.

Aktivitas tidur ikan bisa Anda lihat lebih jelas di malam hari. Saat lampu-lampu dimatikan, ikan akan turun ke bagian dasar akuarium dan tidur di sana. Untuk mengetes teori ini, di malam hari saat ikan-ikan itu tidur, Anda bisa memasukkan pakan ke dalam air. Pasti Anda akan menyadari bila ikan-ikan itu membutuhkan waktu lama untuk menghampiri makanan itu.

Tetapi, mengapa mata mereka tetap terbuka?

Ikan tak punya kelopak mata

Bukannya ikan tidak mau memejamkan mata, tetapi mereka memang tidak mempunyai kelopak mata untuk ditutup. Tidak adanya kelopak mata pada ikan sendiri adalah hasil dari proses evolusi.

Kelopak mata adalah bagian yang bertugas melindungi mata dari kotoran dan menjaga mata agar tetap lembab sehingga bisa berfungsi normal. Nah, mengingat ikan hidup di dalam air, mereka tidak membutuhkan kelopak mata. Sebab, mata ikan bisa tetap basah dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Akan tetapi, ada beberapa ikan yang menurut penelitian memiliki kelopak mata, yakni beberapa spesies hiu. Kelopak mata hiu akan terlihat saat hiu tidur atau menyergap mangsa yang ada di atas permukaan air.

Meski tidur, ikan tetap bergerak

Banyak orang tidak menyadari ikan itu tidur karena ikan-ikan itu tetap bergerak saat tidur. Ikan memang harus tetap menjaga pasokan air masuk ke dalam insang dengan cara menggerakkan sirip depan mereka. Hal itu dilakukan demi mendapat oksigen dari air untuk pernapasan.

Tidak seperti manusia yang benar-benar kehilangan kesadaran, tidurnya ikan hanya mengurangi respon terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Tidur ikan bisa dikatakan sebagai saat-saat ikan benar-benar merilekskan diri.

Cara tidur ikan pun bermacam-macam, ada yang memilih tidur di dasar perairan, ada yang mengapung di dekat permukaan air, bahkan ada yang masuk dalam karang.

Sumber: Wonderpolis.org, nakedscientits.com


Labels:

Post a Comment

[blogger][facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget