Makanan Pertama Untuk Bayi


Setelah 6 bulan menunggu si kecil agar bisa makan untuk pertama kalinya, pasti banyak ibu yang sudah merencanakan makanan apa yang akan diberikan untuk menambah dan memenuhi gizi si kecil. Puree adalah variasi dari bubur dimana bahan utamanya adalah buah atau sayuran yang diproses dengan blender hingga lembut. Untuk buah dan sayuran tertentu, bahan utama dikukus terlebih dahulu hingga lunak dan matang sebelum diblender. Biasanya dicampur juga dengan ASI atau susu formula lanjutan yang sudah dilarutkan dengan air.
Puree buah dan sayuran dapat langsung dibuat dalam jumlah banyak. Untuk memudahkan penyajian, bagi menjadi beberapa bagian sesuai jumlah porsi. Masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan dalam freezer. Jika akan digunakan, keluarkan dari freezer tanpa membuka tutup kemasan agar puree tidak terkontaminasi. Diamkan hingga puree lunak. Jika diperlukan, hangatkan dengan merendam wadah di dalam air hangat. Namun demikian, jangan menyimpannya terlalu lama di dalam freezer (lebih dari dua minggu), agar tetap terjaga kesegarannya.
Beberapa tips seputar pembuatan dan penyajian puree buah dan sayuran untuk bayi:
  • Sebaiknya pilih sayuran dan buah organik untuk mengurangi resiko zat kimia berbahaya yang mungkin terkonsumsi.
  • Jangan mengukus atau merebus buah dan sayuran terlalu lama agar nutrisi penting tidak hilang selama proses tersebut.
  • Puree buah biasanya lebih mudah disukai anak. Karenanya, berikan puree sayuran lebih sering agar anak terbiasa dengan rasa langu dari sayuran.
  • Pada tahap awal pemberian makanan padat, berikan satu jenis puree buah atau sayur saja. Tujuannya, agar anak lebih mudah menerima rasa makanan. Jika terlalu banyak kombinasi, biasanya makanan terasa aneh sehingga anak tidak suka. Kombinasi lebih dari satu jenis dapat diberikan jika anak sudah terbiasa dengan rasa buah atau sayuran yang dikombinasikan.
Demikian tips membuat puree, lebih aman dan sehat membuat bubur sendiri dirumah daripada bubur instant yang sudah pasti mengandung pengawet. Jangan malas ya ibu, selamat berkreasi :)

Labels:

Post a Comment

[blogger][facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget