Ini arti di balik nama 5 minuman kopi favorit kamu

Suka minum cappuccino atau macchiato? Tahukah kamu arti di balik nama-nama minuman itu? Sebagai seorang penikmat kopi, sudah saatnya kamu tahu sejarah penamaan olahan kopi kesukaanmu. Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya.


Ini arti di balik nama 5 minuman kopi favorit kamu
Suka minum cappuccino atau macchiato? Tahukah kamu arti di balik nama-nama minuman itu? Sebagai seorang penikmat kopi, sudah saatnya kamu tahu sejarah penamaan olahan kopi kesukaanmu. Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya.

Mocha

Caffe mocha atau kadang disebut juga mocaccino adalah varian caffe latte (kopi susu) dengan sentuhan cokelat. Biasanya mocha dibuat dengan menambahkan bubuk cokelat manis atu sirup cokelat.

Dilansir The Huffington Post, mocha tadinya adalah nama pelabuhan di Yaman yang terkenal sebagai salah satu lokasi transit perdagangan kopi terbesar. Mocha menjadi kota perdagangan kopi terbesar sejak abad 15 sampai abad 18.

Cup of Joe
Selama ini mitos yang beredar adalah nama Cup of Joe berasal dari kopi yang biasa diminum oleh para pelaut dari Amerika Serikat pada masa Perang Dunia. Dilansir Wonderopolis, pada tahun 1914 pimpinan angkatan laut Josephus 'Joe' Daniels melarang minuman beralkohol di kapal.
Sebagai gantinya, para pelaut hanya bisa minum kopi pahit selama pelayaran. Mereka pun menamai kopi hitam cup of Joe sebagai bentuk protes. Namun cerita ini diragukan kebenarannya oleh sejumlah sejarawan.

Namun menurut situs pengecek fakta Snopes, kemungkinan besar cup of joe berasal dari kata 'jamoke'. Kata 'jamoke' sendiri menurut ahli bahasa Michael Quinion merupakan perpaduan dari kata 'java' dan 'mocha', dua tempat yang menjadi pusat perdagangan kopi di masa lalu

Cappuccino
Cappuccino, salah satu jenis minuman kopi yang paling banyak digemari di dunia ternyata memiliki sejarah yang cukup unik. Dilansir Reader's Digest, nama capppucino diberikan karena warna minuman itu mirip dengan syal yang dikenakan oleh para biarawan Capuchin.
Espresso

Dilansir Reader's Digest, nama espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti 'sesuatu yang ditekan hingga keluar'.

Ini berkaitan dengan cara pembuatan espresso, di mana biji kopi yang sudah ditumbuk diperas dengan sedikit air. Karena itulah espresso jauh lebih pekat daripada beberapa jenis kopi lainnya.

Caffe macchiato

Kalau mocaccino dibuat dari caffe latte yang dicampur dengan cokelat, macchiato dibuat dari espresso yang ditambah sedikit susu. Dalam bahasa Italia, macchiato berarti 'ternoda'. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan espresso yang 'dinodai' setitik susu pada bagian permukaannya.
Itulah asal-usul di balik nama-nama olahan kopi yang biasa kita temui di kafe.

Labels:

Post a Comment

[blogger][facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget